Surga Lautan itu….

Assalamualaikum Wr Wb..

Ffiuhh.. Lama nggak mampir ke rumah sendiri, rasanya canggung! Mau cerita apa, apa yang mau dibagi, serta apakah masih ada yang mau mampir.. Semua pikiran itu berkecamuk membuat agak enggan untuk menulis.

Maaf lama tidak meng’update blog ini. Semua karena ke’addictive’an terbaru saya terhadap kegiatan snorkeling juga kecintaan dengan air asin! Telat, mungkin. Tapi sejak dikirim 2 minggu mengajar di Pulau Pramuka, Putri selalu ingin kembali.. dan kembali.. dan kembali lagi kesana.. (lebay mode: ON) Jadilah hampir setiap weekend (kalau ada uang, tentu) Putri kembali ke lautan..

Awalnya, gugusan Kepulauan Seribu merupakan kawasan yang asing untuk Putri. Ketakutan dan kekhawatiran karena tidak bisa berenang membuat Putri menjauhi kawasan ini. Namun waktu itu harus dipaksakan juga. Selain karena honor mengajar selama 2 minggu disana lumayan besar, Putri benar – benar butuh sebuah getaway saat itu.

Jadilah hari Minggu jam 6 pagi, Putri sudah diantar Ibu ke Muara Angke untuk berangkat ke Pulau Pramuka. Puluhan kapal kayu yang bersandar. “Itu kapal yang bawa kita ke Pramuka?” Seorang teman menatap cemas. Ibu juga sempat khawatir. Tapi melihat keyakinan di mata orang – orang yang sudah lebih dahulu diatas kapal kayu tersebut, Putri pun memberanikan diri.

Transportasi ke Pulau Pramuka bisa ditempuh dengan dua cara rupanya. Pertama, lewat Marina Ancol menggunakan boat. Waktu tempuh 1-1,5 jam dengan biaya yang tidak murah. Sekitar 200.000/orang/sekali jalan. Sedangkan dari Muara Angke menggunakan kapal kayu hanya membutuhkan 30.000/orang/sekali jalan. Jauh lebih murah, bukan?

Perubahan warna perairan bisa dilihat begitu kapal meninggalkan keruhnya air di Muara Angke. Sampah bertebaran dimana – mana hingga beberapa kilometer ke depan. Bahkan di titik – titik tertentu, kita masih bisa melihat tumpukan sampah yang menggenang di laut. Semoga hal ini jadi peringatan untuk warga Jakarta supaya nggak buang sampahnya ke sungai – sungai! Karena kalau tidak dibersihkan, sampah itu menggenang di laut dan butuh waktu lama banget hingga mengurai…

2 jam kemudian, kapal sandar di dermaga Pulau Pramuka. Bayangan Putri mengenai Pulau Pramuka langsung sirna. Pulau ini sudah cukup ramai oleh penduduk. Jejeran homestay dan villa – villa yang menghadap laut bak mempromosikan kecantikan pariwisata sana. Hebatnya lagi, rumah – rumah di Pulau Pramuka jarang ada yang kumuh! Rata – rata pasti sudah bagus, atau bahkan sedang dibangun! Selain itu, sebuah masjid yang sangat megah dan bersih berdiri tidak jauh dari dermaga. Bahkan di dermaga sekalipun, Putri dapat melihat puluhan ikan kecil berenang – renang, sebuah tanda ekosistem yang masih terjaga dengan baik.

Selama 2 minggu disana, saya memfokuskan diri untuk tidak hanya mengajar. Saya pun berusaha mengenal masyarakat kepulauan. Ternyata mereka keras di luar lembut di dalam (hihihii.. kaya apa aja!). Berbagai macam kebaikan Putri dapatkan, meskipun Putri hanya tamu dan bukan wisatawan berkocek tebal. Pertama, di hari pertama, ada seorang porter yang membawakan koper Putri dan tidak mau dibayar. Padahal bapak itu memang pekerjaannya membawakan belanjaan/tas – tas orang, dan dia tidak sedang mendapat pelanggan. Kedua, anak – anak pulau yang memastikan kapanpun Putri mau ikan bakar, mereka akan menyediakan! Kalaupun membeli, harganya sangat murah dan dengan sedikit pendekatan ke mereka, kita bisa ikut bakar bareng sama mereka.

Disana, untuk pertama kalinya, Putri mencoba belajar berenang di air laut. Awalnya ragu, tapi seorang teman memastikan bahwa manusia sebenarnya bisa mengambang. Dia pun meminta Putri untuk memakai snorkel dan tengkurap. Atur nafas, dan everything will be fine. Ajaib.. saya bisa mengambang.. hihihihi.. *norak.com*

Sejak itu, Putri ketagihan snorkeling. Terlebih alam bawah laut Pulau Pramuka masih cukup bagus, meskipun tempat Putri snorkeling berdekatan dengan dermaga. Karangnya besar – besar dan sangat cantik. Tapi berhubung Putri cepat panik kalau nggak bisa memijak dasar laut, guide Putri waktu itu hanya menggandeng sampai ke kedalaman 2 meter.

Bukan hanya alam bawah laut yang memukau, Pulau Pramuka juga menyimpan sebuah penangkaran penyu sisik. Ada sebuah penyu unik disana. Apa uniknya? Hmm.. lihat saja sendiri ya! Hehehe.. Kabar terbaru, telah ditemukan kerang mata tujuh yang kabarnya cukup langka dan sekarang di… (apa sih istilahnya, pokoknya diamankan) dekat tempat penangkaran penyu itu.

Pada kunjungan – kunjungan berikutnya ke kawasan Pulau Pramuka dan sekitarnya, Putri juga ke Pulau Karya. Letaknya berdekatan dengan Pulau Pramuka. Disana, pasirnya bagus untuk dibuat handicraft. Tapi ada yang bilang pasirnya mirip pasir di Lombok. Pulau Karya merupakan pulau tempat rumah dan kantor dinas, dari mulai pemadam kebakaran dan dinas – dinas lain. Sedangkan di sisi lainnya, ada pemakaman umum untuk warga Pulau Pramuka dan Pulau Panggang.

Kalau ada yang mampir kesana, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Semak Daun. Di pulau konservasi ini, pantainya sangat landai dan cocok untuk berenang – renang. Hebatnya, tekstur pasirnya empuk dan halus untuk memanjakan diri dengan berjalan – jalan serta bermain disana.

Jangan lewatkan juga sebuah keramba raksasa di tengah laut dengan restoran terapung diatasnya. Keramba raksasa tersebut menyimpan bandeng laut berbagai ukuran, serta berbagai jenis ikan lain yang Putri nggak tahu namanya. Serasa mengunjungi akuarium air laut raksasa! Dalamnya tempat yang dijadikan keramba raksasa itu dapat dilihat dari warna air yang biru indah (biru langit). Itu biasanya dikeruk hingga dalam, sehingga menciptakan warna yang berbeda dengan biru laut. Begitu Putri naik keatas sebuah boat yang bersandar disana, ada dua ekor ikan baracuda cukup besar yang kabarnya baru lepas dari keramba. Mereka berenang – renang. Agak ngeri, tapi lucu.. hehehee..

Kalau mau berkunjung kesana, hati – hati memilih penyedia jasa wisata. Putri sempat mengobrol dengan seorang sesepuh Pulau Pramuka. Beliau mengamanatkan kepada kami untuk tidak menggunakan jasa lembaga tertentu. Sempat kaget, karena selain orang yang memiliki usaha itu masih keponakan Beliau, juga dikarenakan si pemilik usaha gencar promosi lewat internet. Penasaran kenapa?

“Setiap orang yang pakai ******* pasti datang ke saya, ngadu barangnya hilang. Entah itu kamera atau handycam. Pasti itu. Mungkin karna udah karakter kali ya nak.” Tutur si bapak.

Untuk berwisata langsung sendiri kesana pun nggak memungkinkan. Cuz kita perlu orang asli pulau untuk nawar kapal charter (untuk ke semak daun), juga buat nganter kesana sini. Jadinya setiap kesana, Putri minta bantuan teman yang kebetulan lama punya usaha travel dan baru buka untuk wilayah Pulau Pramuka dan sekitarnya.

Terakhir kemarin pakai, Putri bayar 357.000/orang untuk grup 10 orang. Harga udah termasuk ongkos PP Angke-Pramuka-Angke. 2 hari 1 malem. Makan prasmanan super enak (ada cuminya lho!) 4x. Kapal charter 6 jam ke tempat2 snorkeling. Alat snorkeling lengkap (masker, snorkel, life jacket, fins). Juga guide buat snorkeling yang siap sedia membantu. Yang terpenting, AMAN. Ninggalin apa – apa di kapal juga nggak khawatir. Nyaman banget deh. Hari pertama, begitu dateng, ada yang nyambut di dermaga dan nganterin sampai penginapan. Kita diminta berkemas dan segera berangkat ke spot snorkeling. Mau berangkat habis dzuhur pun boleh. Catering disajikan ala prasmanan dengan rasa yang subhanallah enak banget! Selesai snorkeling’an ria, kita bakar – bakar ikan di depan homestay. Beli aja 2 kilo, harga per kilonya cuma 25ribu. Tapi bilangnya dari sebelum berangkat, siapa tau beruntung dapet ikan ayam2an/ kambing2an yang rasanya super enak dan legit banget dagingnya. Jadi sistemnya, nambah beli ikan dan biaya bumbu gitu. Maunya berapa kilo, uangnya tinggal transfer berbarengan dengan transfer biaya snorkeling.

Hari minggunya, kami diajak ke keramba dan penangkaran penyu. Di keramba, bisa puas2in beli bandeng laut. Mau bandeng presto juga ada. Oleh – oleh khas sana? Ada keripik sukun, rumput laut kering, manisan rumput laut, dodol rumput laut. Harganya? Jangan tanya… murah beud! Dodol sekotak cuma 5000!

Sebentar lagi saya juga kesana.. masih pake jasa travel yang sama.. hihihihi..

img_8978dsc_0918

32 Comments »

  1. idham said

    sungguh kesempatan yang sangat menguntungkan,… aq membayangkan juga betapa asiknya pengalaman tersebut… beruntung punya tempat tinggal deket p. seribu….

    • iya.. kalo sempet main yaa.. ke P.seribu!

      • iycha said

        buat yg honeymoon kira2 brp ya???
        mahal ga ya??

        thx infonya put!

    • HENGKI said

      Ass..saya sangat bersyukur kepada ALLAH karna atas kehendaknya yg telah mempertemukan saya dgn KI MANDALA dan atas bantuan AKI yg melalui jalan togel ini saya sekarang bisa sukses dan sudah mempunyai usaha sendiri,nomor ritual KI MANDALA memang selalu tepat dan terbukti dan bagi anda yg ingin sukses seperti saya silahkan hubungi Beliau di 082-348-985-714 saya sih dulunya tidak percaya tp klau dipikir2 tidak ada salahnya juga saya coba mengikuti prediksi KI MANDALA dan ternyata ALHAMDULILLAH berhasil,,!

  2. ini ambar said

    keren banget no.. apalagi fotonya..
    thanks ya untuk appreciatenya..
    dari corat coret loe ini.. gw yang udah ke pulau aja masih ngiri sama loe.. karna loe bisa kesana kapanpun loe mau.. apalagi orang yang blom pernah? pasti langsung berpikiran “kayaknya seru yah ke pulau seribu?”.. hehehehe.. moga sukses ya say.. kalo emang perlu bantuan gw.. bilang aja.. kalo gw bisa bantu.. insyaAllah gw bantu.. : )

    • ah ambar bisa aja..
      hihihii.. iya.. kita kan ke pulau bareng.. ayo2 majukan wisata kepulauan..

  3. hunz said

    enooo.. finally you’re BACK!! hehehe.. ^0^, kalo nulis di blog aja, jangan di FB.. gak seru gk bisa ada visual aidnya.. secara gw males baca kalo gk ada gambarnya.. hehe.. keep on updating yah.. ohya no… i’ve tagged you yah.. visit my log, ok!

  4. emma said

    truss..aku di beliin ga dodolnya..?

  5. Herman S.Y said

    Hai Putri, numpang lewat ya… Oooo jd ini ya aktivitasnya.. dilihat dari fotonya, Pulau seribu indah juga… Ehm.. Insya Allah kalau ada kesempatan dan rezeki, maen ah ke Pulau seribu….😀

  6. buJaNG said

    Hiii… saya paling takut sama laut apa lagi kalau lihat ombaknya… Kebayang kalau terseret arus hiii….

    • oriontravel said

      hihihi.. aman kok pak.. saya coba berkali2.. padahal ga bisa berenang..🙂

  7. widya said

    Hi Mba Putri, aku lagi bikin planning trip ke p.pramuka. aku boleh minta contact person temen mba yg punya jasa travel disana? Jadi parno soal cerita kehilangan barang2 niy…
    japri juga boleh ko… widyak@datascrip.co.id
    Thx alot mba…

  8. hmcahyo said

    looh kog saya nyasar kesini seh:mrgreen:

  9. milham said

    pasti menyenangkan🙂

  10. da f00l said

    Mba putri, saya kebetulan mau adain acara di pulau pramuka.
    Boleh saya tau alamat atau no telp yg bisa dihubungi dari travel yg biasa mba putri gunakan? Mohon dikirimkan infonya ke anom_juga@linuxmail.org

    Thanx in advanced yaah..🙂

  11. clarra said

    aq juga mau dong travel yang biasa qm pakai itu sapa tau bisa seru buat acara reuniku, maklum klo bawa keluarga kan lebih save gitu, imel in aq ya.
    Thans a lot putri

  12. idham said

    kok belum ada postingan baru lagi bu enno?
    kelamaan tuh …
    keasyikan di fb sih…
    ternyata fb jadi sainganya blog

  13. Wowww..Indah banget aywh PASTI……..

  14. woelan said

    Alo…Put.
    Lam kenal yah.
    Wah padahal beberapa hari lalu baru aja bicarain mau vacation ke pulau sama temen2..eh..ternyata isenk2 buka internet nemuin blog kamu.
    pas baca kamu sering pergi ke pulau buat snorkling ternyata bisa nambah info buat aku yang baru mau mencoba…
    kalo boleh yah, bisa ga aku dikasih info tentang jasa travel yang serinG kamu pake….

  15. enak bangeeetttt..*jd iri*…tp a Qg tahu renang..hehe

  16. Sorah said

    Hai Putri… lam kenal

    kbetulan aq akhir juli ini mo ke pulau pramuka bareng temen2…
    n saat ini aq lagi cari makanan prasmanan yg enak, klo Putri ga keberatan aq minta info / no.telp yg bisa bantu aq mengenai hal tsb ga?
    Klo bisa kirim info nya ke Rizora_s@yahoo.co.id y…

    Thank’s y Put.

  17. Anonymous said

    gw juga maw donk put dikasi info travel yang lo pake…
    bisa minta emailin ke gw ga?
    ken89_sweety@yahoo.com

    eh itu bisa one day trip gitu?
    maksih lo put..
    salam kenal

  18. dewi said

    mba putri..mau juga dunk info travel yg mba putri pake…

    kebetulan akhir bulan ini saya dan teman2 mau ke pulau pramuka

    kalo boleh email ya ke dewi_globie@hotmail.com

    thanks a lot ya,,…

  19. Kireina said

    AssaLamuaLlaiKum Mba PuTri..,

    KiTa Rencana ada 25 Orang’an mau Ke pulau Pramuka & PuLau Semak Daun juga. aKu boLeh minTa Info deTaiLs untuk Jasa Travel yang Mba PuTri Gunakan itu?

    Kami buTuh Banget Infonya.

    Makasih sebeLumnya…
    🙂

  20. Kireina said

    AssaLamuaLlaiKum Mba PuTri..,

    KiTa Rencana ada 25 Orang’an mau Ke pulau Pramuka & PuLau Semak Daun juga. aKu boLeh minTa Info deTaiLs untuk Jasa Travel yang Mba PuTri Gunakan itu?

    Kami buTuh Banget Infonya.
    ToLong advice ke csvd@winfast.co.id

    Makasih sebeLumnya…

    WassaLam…
    🙂

  21. cenya95 said

    iya… jadi kangen krn dah lama tak main ke sini
    pa khabar ?
    indahnya negeri sendiri…
    salam superhangat

    • cenya95 said

      Faith makes all things possible.
      Hope makes all things work.
      Love makes all things beautiful.
      May you have all of the three.
      Happy Iedul Fitri.

  22. cheerful tya said

    assalamualaikum….hi…putri…
    aku minta tolong dong cp penginapan/travel disana?..yg aman…nyaman dan muraah….rencananya ala backpackeran,….he..he…
    japri ya…..cheerful_tya@yahoo.co.id
    ditunggu…

    thanks….
    wasssalamualaikum.

  23. ika said

    ass.wr.wb

    saya boleh minta CP travel yang sudah pernah mbak putri gunakan gak?
    mohon informasinya ya.. kalau ada waktu, tolong beritahu informasi mengenai contact person travel tersebut ke email : ikaayukusumadewi@ymail.com

    terima kasih

  24. Rasti setya said

    Wah seru bgt kliatannya.
    Rncn aq ma beberapa temen jg mo maen k p.pramuka wiken dpn. Sbnrnya qt pngn on the spot aja. Lgsg dtg & menikmati apa yg bs didapat. Tp kyk perlu back-up plan jg ni.
    Bs share contact person agentnya ga mb? Japri ke email aq aja: rasti_setya@yahoo.com
    Thanx.. ^^

  25. Info yang menarik mas, terima kasih atas sharing ilmunya. Sangat bermanfaat, keep posting dan salam kenal, ditunggu kunjungan baliknya mas…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: